Kenapa Keyboard Kita QWERTY bukan ABCDE

Home » » Kenapa Keyboard Kita QWERTY bukan ABCDE

Apakah and pernah berpikir kenapa urutan huruf dalam keyboard kita begitu mengacak? Tak hanya di keyboard komputer saja, di keyboard handphone kita hingga di mesin tik kita juga demikian. Susunan huruf dalam keyboard ini dinamakan sebagai “qwerty”: diambil dari 6 susunan huruf paling awalnya. Tapi kenapa keyboard kita “qwerty”? Kenapa bukan yang lain? misalkan “abcde” supaya lebih gampang ngetiknya, Baiklah saya akan menjawabnya dari hasil browsing di google

Pertama kali pembuatan mesin ketik yang masih sangat manual pada tahum 1868 Masehi oleh Christopher Shole. Mesin ketik yang di ciptakan pertama kali itu masih sangat sederhana. Masih memakai tangkai sehingga ketika di tekan tangkai tersebut akan bergerak dan akan mencetak huruf pada kertas yang sudah di sediakan.
hehe masih seperti mesin ketik kelurahan di kampung jaman dulu ya..

saat itu Christopher masih menggunakan susunan huruf sesuai dengan abjad ABCD. memang sih dengan susunan sesuai abjad ketikan yang di hasilkan lebih cepat dan lebih mudah. karena terlalu cepat dan terlalu mudah nenurut Christopher  ini malah menimbulkan masalah baru pada keyboard. karena masih menggunakan tangkai pada mesin ketiknya maka dengan kecepatan tinggi tangkai2 yang saling berdekatan (seperti contoh A dengan B) maka akan saling bertabrakan karena terlalu cepat saat mengetik dan tidak dapat bergerak lagi karena saling menghimpit. ternyata penemuannya ini masih perlu banyak perbaikan.

Karena masalah ini akhirnya pada tahun 1873  ilmuan yang bernama E. Remington mampu menyempurnakannya dengan cara mengacak2 susunan huruf yang tertatur tadi yang di anggap terlalu mudah dan terlalu cepat dengan kombinasi huruf yang menurutnya paling sulit. (QWERTY) sehingga mengetik pun jadi lebih lambat.

Alasan aneh memang.
Dengan susunan huruf yang di ciptakan itu akhirnya masalah yang tadi bisa di atasi. sehingga pengguna umum ikut meggunakan susunan huruf QWERTY juga pada mesin ketik mereka.
Nah ketika pertama kali di temukan komputer  akhirnya mengikuti susunan huruf QWERTY yang sudah ada tersebut.

Kenapa tidak di ganti dengan susunan abjad lagi ya ?? padahal kan kalau komputer tidak menggunakan tangkai seperti pada mesin ketik dan pasti di komputer tidak akan di temukan masalah seperti pada mesin ketik dong ??

Begini alasannya. Karena sudah terlalu lama pengguna menggunakan susunan huruf QWERTY pada keyboardnya jadi ini menjadikan sebuah kebiasaan. jadi sudah tidak perlu di rubah lagi menggunakan susunan abjad ABCD. dan sampai sekarang.
.
Share this article :